Senin, 26 September 2016

Jemaah Haji Kotabaru Ini Dicurigai Tertular Virus Mers Cov

Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotabaru langsung bergerak cepat. Standart operasional prosedur (SOP) penanganan antisipasi pun dilakukan, menyusul adanya salah satu dari 131 jemaah haji yang dicurigai (suspek) terkena virus Mers Cov.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotabaru drg Cipta Waspada, mengatakan, jemaah haji dicurigai terkena virus mers cov, bernama Asiah (59), warga Desa Langadai, RT 03/02, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru.

Menurut Cipta, adanya kecurigaan pasien terkena virus yang berasal dari Timur Tengah itu, berdasarkan hasil diagnosa sementara dari dokter spesialis penyakit dalam rumah sakit umum daerah (RSUD) Kotabaru yang sempat menangani pasien.

"Awalnya saat tiba di Kotabaru tanggal 23 September setelah berangkat dari Arab Saudi, pasien (Asiah) dirujuk ke RSUD karena kondisinya lemah. Keluhan sesak nafas dan nyeri dada. Karena dicurigai mers cov, pasien sudah dirujuk ke rumag sakit ulin Banjarmasin," kata Cipta kepada BPost Online, Senin (26/9/2016).

Selain penanganan pasien, pihaknya juga melakukan antisipasi kepada jemaah haji lainnya. Selain meminta agar melakukan pemeriksaan ke puskesmas, jika mengalami sakit yang serupa dengan Asiah. (banjarmasinpost.tribunnews.com)

Tidak ada komentar: