Kamis, 19 Juni 2014

Menag Lukman Jamin Pelaksanaan Haji Tahun Ini Jauh Lebih Baik

Add to Google Reader or Homepage 


Pasca penetapan Suryadharma Ali sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan dana haji, Kemenag berbenah. Penyelenggaraan ibadah haji diperketat pengawasannya. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjamin, tahun ini tidak ada lagi bus-bus tua yang digunakan untuk mengangkut jemaah haji Indonesia. Ia yakin, bus yang disediakannya tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 

 "Kita memperbanyak dan memperketat pengawasan bus-bus ini. Kita jamin tidak ada bus tua lagi," katanya di kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/6/2014). 

 Bus-bus ini, menurut Lukman menjadi sangat penting karena lokasi pemondokan yang lebih jauh dari tahun sebelumnya. Jauhnya lokasi ini, merupakan implikasi dari perluasan area ibadah haji oleh Pemerintah Arab Saudi. 

"Tak terhindarkan, semua negara mengalami implikasi perluasan jadi semakin jauh, tidak hanya Indonesia," tuturnya. 

Ia juga menjamin, masalah pemondokan dan katering akan jauh lebih baik. Hampir semua pemondokan jemaah haji merupakan bangunan baru. 

 "Pemondokan sudah selesai 100 persen. Khusus di Makkah, perumahan jauh lebih baik, tidak ada yang tua meski agak sedikit jauh," kata Lukman. 

Kemenag juga berjanji akan lebih transparan dalam menentukan sisa kuota haji. Kebetulan tahun ini, sepertiga dari jumlah calon jemaah haji telah melunasi pembayarannya. 

Implikasinya lahirnya sisa kuota juga akan lebih cepat diketahui. Sehingga Kemenag dapat lebih cepat menginformasikan kepada publik berapa sisa kuota haji tahun ini. 

"Kita tidak ingin ada sisa kuota yang digunakan oleh pihak yang tidak berhak. (Dengan adanya transparansi) Jadi publik bisa mengetahui siapa urutan berikutnya," tutup Lukman. (detik.com/foto: pos kota)

Tidak ada komentar: