Minggu, 22 Januari 2017

Antrian Jemaah Haji di Subang Bisa Berkurang


Penambahan kuota haji, diperkirakan bisa mengurangi waktu antrian calon jamaah haji di Kabupaten Subang. Saat ini jumlah daftar tunggu calon jamaah haji yang sudah terdaftar di sistem komputer haji (siskohaj) Kemenag Subang lebih dari 14.500 orang.

Apabila menggunakan kuota lama, pemberangkatan baru bisa selesai hingga 15 tahun ke depan. Namun dengan kuota baru, diprediksi bisa tuntas lebih cepat, estimasinya bisa berkurang sekitar lima tahun, sehingga pemberangkatan bisa selesai 9 - 10 tahun ke depan.

Hal itu dikatakan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Subang, Munawir Sulaeman, di kantornya, Jumat 20 Januari 2017. "Itu baru perkiraan kasar, mengacu pada daftar antrian yang tercatat di siskohaj dan estimasi tambahan kuota buat Subang. Soalnya angka pasti tambahan kuota belum kami terima, baru perkiraan," ujarnya.

Dikatakannya, kuota lama pemberangkatan calon jamaah haji di Subang yaitu sebanyak 962 orang. Apabila dihitung dari jumlah penduduk Muslim, Kemenag Subang memiliki estimasi kuota akan bertambah sekitar 1.200 - 1.300 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2017. Itu dengan perhitungan 1.000 jumlah penduduk Muslim berbanding satu calon Jamaah haji. "Kami estimasi tahun ini calon jamaah haji di Subang jumlahnya sekitar 1.300-an," ujarnya.

Dijelaskannya, total kuota calon jamaah haji se Indonesia bertambah sebanyak 52.400. Jumlah tersebut dibagi ke seluruh provinsi, tetapi belum ada kepastian berapa tambahan kuota bagi Jabar maupun Subang. Namun dari perkiraan sementara, kemungkinan kuota jamaah haji Subang akan bertambah menjadi sekitar 1.300-an. "Kepastian angka kami masih menuggu informasi lebih lanjut, mudah-mudahan bisa sesuai perkiraan," ujarnya.

Munawir mengungkapkan, penambahan kuota haji tersebut berpengaruh besar terhadap jumlah kloter Jemaah Calon Haji pemberangkatan tahun 2017. Apabila tahun lalu hanya dua kloter full ditambah satu lagi masuk kloter gabungan, kemungkinan tahun ini Subang bisa memberangkatkan tiga kloter full. "Saat ini, kami tengah melakukan kegiatan sosialisasi ke setiap kecamatan se Kabupaten Subang mengenai penambahan kuota termasuk bagaimana teknis dan pelatihan manasik haji," katanya.(pikiran-rakyat.com)


Tidak ada komentar: