Minggu, 30 Agustus 2015

Jemaah Mulai Bergerak ke Mekkah

Add to Google Reader or Homepage 

Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai bergerak ke Kota Mekkah dari Madinah, Arab Saudi, Ahad (30/8) pagi. Jamaah sudah mulai bersiap untuk menuju Bir Ali sejak subuh. Setelah mengikuti arahan para petugas, jamaah pun dengan tertib memasuki bus-bus yang sudah tersedia di depan hotel. 

“Total ada 12 kloter yang akan diberangkatkan ke Mekkah hari ini. Jumlah jamaah 4.636,” kata Kepala Daerah Kerja Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, di Madinah, Ahad (30/8). 

Jamaah yang mengenakan pakaian ihram di hotel pemondokan tampak sehat dan gembira menuju Mekkah. Beberapa di antara mereka mengatakan sudah tidak sabar ingin melihat kabah secara langsung. “Apalagi ini pertama kali saya berhaji. Keinginannya sudah sejak tahun 1990-an,” kata Mukhlis, seorang jamaah di Hotel Fairuziah Al-Khair. 

Nasrullah menerangkan, jamaah haji Indonesia diberangkatkan ke Mekkah dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama yang sudah diberangkatkan pukul 07.00 waktu Arab Saudi diangkut dari enam hotel dengan jumlah bus lebih dari 50. Gelombang selanjutnya akan menyusul pada pukul 11.00 WAS, pukul 13.00 WAS, dan pukul 16.00 WIB.

“Kita atur pemberangkatannya agar memasuki Mekkah dengan tertib. Lagipula, kan’ ada ketentuan arus jamaah ke Mekkah dibatasi hanya 3.000 jamaah per jamnya,” kata Nasrullah.(republika)

Tidak ada komentar: