Jumat, 27 April 2007

Soal Porsi/Quota Haji


Jumlah calhaj yang berniat menunaikan ibadah haji hampir setiap tahun mengalami peningkatan, bahkan untuk musim tahun ini jumlah calhaj yang telah mendaftar mencapai 300 ribu orang. Bahkan sejumlah daerah, seperti DKI Jakarta, Sulsel, Kalsel, Sumbar antrian jemaah sudah sangat panjang, calhaj baru dapat diberangkatkan 2-4 tahun mendatang. Dapat dipastikan untuk tahun ini hampir semua propinsi mengalami kekurangan porsi haji.


Sementara porsi/quota haji Indonesia sesuai dengan kesepakatan Organisasi Konferensi Islam (OKI) dalam catatan 5 tahun terakhir 205 ribu orang atau sepermil 1/1000 dari penduduk muslim. Porsi tersebut 189 ribu diperuntukan bagi calhaj BPIH biasa dan 16 ribu untuk BPIH Khusus alias ONH plus.


Banyak propinsi secara resmi telah mengajukan permintaan penambahan porsi haji ke Departemen Agama pusat, namun hingga kini belum terjawabkan. Sementara muncul wacana, agar pemerintah mengajukan permintaan penambahan porsi haji kepada pemerintah Arab Saudi melalui OKI, mudah-mudahan dapat terkabulkan.


Terus meningkatnya jumlah peminat menunaikan ibadah hsji, mudah-mudahan menjadi indikator positif meningkatnya kesadaran beribadah umat Islam dan berdampak langsung pada kesolehan sosial mereka. Insya Allah.

Tidak ada komentar: