Kepala
Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan, indeks kepuasaan jemaah haji terhadap pelayanan Panitia Penyelenggara
Ibadah Haji Arab Saudi 2011/1432H sebesar 83,31% tergolong memuaskan/ di atas standar, mengalami
kenaikan 1,86 % jika dibandingkan dengan hasil survey BPS 2010/1431H sebesar
81,45%.
Hal
itu diungkapkan Kepala BPS Suryamin ketika menyampaikan hasil survey kepuasan jemaah
haji 2011/1432H di kantor BPS, Jl.Wahidin, Jakarta Pusat, Selasa (17/7). Hadir pada acara tersebut menag
Suryadharma Ali, Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Dirjen PHU Anggito Abimanyu dan
sejumlah pejabat BPS dan Kemenag lainnya.
Indeks
kepuasan jemaah terhadap pelayanan Satop Armina, kata Suryamin mengalami
kenaikan paling tinggi 1,84 % dan indeks kepuasan jemaah terhadap layanan daker
Madinah mengalmi penurunan 2,69%.
Indeks
kepuasan kjemaah haji terhadap layanan Daaerah Kerja (daker) dan Satuan
Operasional (Satop) untuk tahun 2011/1432H, Daker madinah 84,64 %, Daker Jeddah
84,54 %, Daker Mekkah 82,84 % dan Satop Armina 81,25 %. Sedangkan indeks kepuasan haji tahun
2010/1431H, Daker Madinah 87,33%, Daker Jeddah 83,79%, Daker Mekkah 81,27% dan
Satop Armina 79,41%.
BPS
membagi survei kepuasan dalam delapan jenis pelayanan, yaitu petugas kloter,
petugas non kloter, ibadah, akomodasi
atau pemondokan, katering dan katering di Armina, transportasi, dan lain-lain
(umum).
Sampel survei tersebut ditetapkan menurut daerah kerja, yaitu Jedah, Makkah, Madinah, dan Arminna. Responden dari masing-masing daerah kerja ditetapkan sebanyak 2.500 orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar