Selasa, 17 Juli 2012

Survey BPS: Indeks Kepuasan Jemaah Haji Meningkat


Add to Google Reader or Homepage 

Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan, indeks kepuasaan jemaah haji  terhadap pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi 2011/1432H sebesar 83,31%  tergolong memuaskan/ di atas standar, mengalami kenaikan 1,86 % jika dibandingkan dengan hasil survey BPS 2010/1431H sebesar 81,45%.

Hal itu diungkapkan Kepala BPS Suryamin ketika menyampaikan hasil survey kepuasan jemaah haji 2011/1432H di kantor BPS, Jl.Wahidin, Jakarta Pusat,  Selasa (17/7). Hadir pada acara tersebut menag Suryadharma Ali, Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Dirjen PHU Anggito Abimanyu dan sejumlah pejabat BPS dan Kemenag lainnya.

Indeks kepuasan jemaah terhadap pelayanan Satop Armina, kata Suryamin mengalami kenaikan paling tinggi 1,84 % dan indeks kepuasan jemaah terhadap layanan daker Madinah mengalmi penurunan 2,69%.

Indeks kepuasan kjemaah haji terhadap layanan Daaerah Kerja (daker) dan Satuan Operasional (Satop) untuk tahun 2011/1432H, Daker madinah 84,64 %, Daker Jeddah 84,54 %, Daker Mekkah 82,84 % dan Satop Armina 81,25 %.  Sedangkan indeks kepuasan haji tahun 2010/1431H, Daker Madinah 87,33%, Daker Jeddah 83,79%, Daker Mekkah 81,27% dan Satop Armina 79,41%.

BPS membagi survei kepuasan dalam delapan jenis pelayanan, yaitu petugas kloter, petugas non kloter,  ibadah, akomodasi atau pemondokan, katering dan katering di Armina, transportasi, dan lain-lain (umum).

Sampel survei tersebut ditetapkan menurut daerah kerja, yaitu Jedah, Makkah, Madinah, dan Arminna. Responden dari masing-masing daerah kerja ditetapkan sebanyak 2.500 orang.

Tidak ada komentar: