Jumat, 02 Desember 2016

Haji Diimbau Bergabung dalam IPHI

Ketua IPHI Kabupaten Magelang, Asfuri minta semua jamaah haji bergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), untuk bersama-sama menjaga kemabruran haji.

‘’Mencari kemabruran itu penting. Tetapi yang jauh lebih penting, menjaga kemabruran tersebut. Karena sulit,’’ katanya, kemarin, dalam penerimaan jamaah haji 2016 di GOR Gemilang Kota Mungkid.

Menurut dia, untuk menjaga kemabruran haji perlu dibina, dirawat dan diasah. Cara paling tepat adalah lewat IPHI. Organisasi ini sudah ada di tingkat desa. Untuk menjadi anggota bisa menghubungi pengurus terdekat. ”Kami minta pengurus IPHI di ranting/cabang proaktif, datang bersilaturahmi ke jamaah atau haji baru dan diajak segera bergabungdengan IPHI,” katanya.

Tergantung Niat

IPHI memiliki tujuan mulia. Yaitu, melestarikan syiar Islam, amar makruf nahi mungkar, untuk meningkatkan kualitas ubudiyah atau iman dan takwa. Semua itu dalam bingkai mempertahankan haji mabrur. Karena kemabruran haji tergantung ketulusan niat, biaya yang digunakan dan cara dalam pelaksanaan haji. Setelah menyandang status haji perilakunya bertambah baik atau tidak. ”Namun, kami yakin khusus jamaah haji asal Kabupaten Magelang semua mabrur,” katanya.

Dia menyebut tiga kategori saat menunaikan ibadah haji. Yakni mardud karena sesuatu hal ibadah hajinya ditolak. Kedua makbul yaitu amal ibadah ketika menunaikan ibadah haji, diterima. Sedangkan mabrur artinya semua amal ibadah hajinya diterima dan tambah kebaikannya. Namun kebanyakan orang awam sering memaknai makbul itu adalah ibadah haji dan amalnya diterima, tetapi orangnya tidak kembali.(suaramerdeka.com)

Tidak ada komentar: