Kamis, 18 Juni 2015

Prof.Tjandra Yoga: Waspadai Merebaknya Virus MERS CoV

Add to Google Reader or Homepage  
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Tjandra Yoga Aditama mengimbau kepada para jamaah calon haji (JCH) agat mewaspadai merebaknya virus MERS CoV. 

Pasalnya, kata Tjandra, virus mematikan tersebut paling banyak menelan korban di wilayah Arab Saudi. Ia menjelaskan, kasus MERS CoV di Arab Saudi ada 1.026, di mana 450 di antaranya meninggal dunia yang mengartikan angka kematian 44 persen. Lalu pada 4 Juni 2015, Arab Saudi melaporkan 9 kasus baru MERS CoV di negara tersebut, 4 diantaranya meninggal dunia.‎ 

Tidak ada satupun negara yang melarang warganya untuk kesana (Arab Saudi-red). Hanya kita lah yang mampu mencegah virus tersebut masuk ke dalam diri kita. Jadi bagi calon jamaah yang akan berangkat ke Arab Saudi agar lebih mawas diri, jaga kesehatan baik-baik dan ikuti cara menjauhi virus MERS," jelas Tjandra dalam  wawancara dengan RRI, di Jakarta, Selasa (9/6/2015). 

Ada tiga cara ampuh yang dijabarkan oleh Tjandra untuk menghalau virus tersebut yakni dengan sering mencuci tangan pakai sabun. Diyakini jika setiap orang mencuci tangan pakai sabun maka virus-virus yang menempel di kulit tangan akan mati. "

Lalu yang kedua sering-sering memeriksakan diri ke petugas kesehatan yang ada di Arab Saudi. Serta yang terakhir jangan minum susu onta atau kontak langsung dengan unta. Meskipun belum 100 persen diyakini penyebab MERS karena unta, namun kita mesti hati-hati juga," jelasnya.(KBRN)

Tidak ada komentar: