Jumat, 26 Agustus 2011

Minat Umrah Warga Aceh Meningkat 100 Persen

Add to Google Reader or Homepage



Minat orang Aceh yang ingin pergi ke Tanah Suci Mekah untuk melaksanakan ibadah umrah meningkat hingga 100 persen. "Dalam setahun terakhir, total orang Aceh yang berumrah sebanyak 700 orang lebih. Itu hanya yang berangkat dari Banda Aceh," kata Tgk H Anwar pengelola Cekman Travel dan Tour di Banda Aceh, Selasa (23/8).

Menurut dia, tahun sebelumnya jumlah masyarakat Aceh yang melakukan umrah ke Tanah Suci hanya 150 orang. Banyak peningkatan masyarakat Aceh yang berumrah karena niat untuk pergi ke tanah suci sangat besar.

"Kalau mereka ingin berhaji hari ini, calon jamaah harus masuk dalam daftar waiting list (daftar tunggu) berangkat ke tanah suci sebelas tahun mendatang," ujarnya.

Karena itu, kata dia sambil menunggu tiba antrean untuk ke Tanah Suci, jamaah asal Aceh ada yang melakukan umrah dulu. "Umumnya yang banyak melakukan umrah bulan Maret dan Juni kalau sekarang ada tapi kurang," sebut Anwar.

Minimnya yang berangkat di bulan puasa, kata dia karena harganya sedikit lebih tinggi. Bulan-bulan biasa harganya murah karena harga tiket dan sewa hotel juga murah, tapi sekarang harganya sudah mahal, sambung Anwar.

Anwar menambahkan, sebenarnya jumlah orang Aceh yang berumrah melebihi dari 700 orang, namun ada yang berangkat melalui travel-travel di Medan, Sumut. "Orang Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tamiang, Langsa dan Kutacane mereka melakukan umrah melalui travel di Medan sehingga itu tidak kita masukkan dalam data keberangkatan dari Aceh," jelas dia.

Anwar mengemukakan, dengan adanya umrah ini juga akan melatih masyarakat yang ingin berhaji. "Dengan mereka sudah umrah, mereka akan mengetahui secara langsung apa-apa saja yang dilakukan disana," tandas Tgk H Anwa.(ant0

Tidak ada komentar: