Jumat, 04 Agustus 2017

Dua Jemaah Haji Banjarmasin Batal Berangkat karena Visa


Permasalahan visa mulai sedikit mengganggu proses keberangkatan calon haji (calhaj) Embarkasi Banjarmasin. Dua jemaah kloter 3 terpaksa keberangkatannya ditunda lantaran visa mereka belum selesai.


Humas Kanwil Kemenag Kalsel Hidayaturrahman mengatakan, dua jemaah yang batal diberangkatkan tersebut adalah pasangan suami istri dari Hulu Sungai Tengah (HST). "Visa mereka belum selesai, jadi keberangkatan mereka dipindah ke kloter 17 pada tanggal 25 Agustus nanti," katanya kepada Radar Banjarmasin.


Dia menuturkan, jumlah jemaah kloter 3 yang diberangkatkan pada Rabu (2/8) malam seharusnya 325 orang. Namun, karena dua orang dibatalkan, maka berkurang menjadi 323 jemaah. "Sekarang kloter 3 sudah sampai di Madinah," ujarnya.


Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi tak menampik jika ada dua jemaah keberangkatannya ditunda lantaran visanya belum selesai. "Mereka sebenarnya jemaah cadangan, sehingga visa mereka diproses belakangan. Seharusnya mereka diletakkan di kloter akhir, bukan di awal," jelasnya.


Menurutnya, permasalahan terjadi bukan lantaran tak selesainya visa, melainkan, dikarenakan adanya kesalahan teknis dalam menempatkan jemaah. "Jadi, mereka nanti lebih tepatnya berangkat di kloter 17," ujarnya.


Kepala Kemenag HST M Yamani melalui Kasi Haji dan Umroh M Akhriadi juga membenarkan hal ini. "Itu terjadi karena sebelumnya ada dua jemaah yang menyatakan batal, maka dimasukkanlah jemaah cadangan. Ternyata, malah visa jemaah itu belum selesai," paparnya.


Dia mengungkapkan, untuk memproses visa milik dua jemaah bernama Anuardi Asera Akhmad dan istrinya Syahriah Suleman Tuherang tersebut, paspor mereka sudah dibawa ke Jakarta.

"Kepastian keberangkatan jemaah cadangan baru diterima tanggal 18 dan 19 Juli, sehingga proses visa mereka belakangan," pungkasnya.

Sementara itu, Jumat (4/8) subuh tadi giliran jemaah kloter 4 yang diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor menuju Madinah. Jemaah dari kloter 4 berasal dari Hulu Sungai Selatan (HSS), dengan total 325 jemaah.(kalsel.prokal.co)


Tidak ada komentar: