Minggu, 21 Agustus 2016

Mau Naik Haji di Usia Muda? Lakukan Tips Sederhana Ini



Naik haji adalah impian seluruh umat muslim di dunia. Karena dengan beribadah ke tanah suci Mekah, umat muslim telah menunaikan rukun Islam yang ke lima. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya naik haji masih tergolong mahal, apalagi untuk anak muda yang baru saja menbdapatkan pekerjaan pertama.


Walau begitu, biaya tinggi tersebut dapat disiasati dengan sejumlah trik. Bahkan untuk kamu yang masih muda sekalipun, bisa pergi haji ke Mekah jika mau disiplin dalam menabung. Berikut ini caranya

Estimasi Kenaikan Biaya Haji

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perhitungan terlebih dahulu. Berapa estimasi biaya haji lima tahun mendatang. Agar lebih mudah memprediksinya baca artikel prediksi biaya haji. Untuk kamu yang ingin melunasi pembayaran haji 5 tahun mendatang, setidaknya butuh biaya sekitar Rp65 juta.


Biaya tersebut merupakan estimasi dari biaya haji saat ini, yakni sekira Rp40 juta plusestimasi kenaikan Rp5 juta per tahun x 5 tahun. Jadi biayanya estimasi biaya haji paling murah lima tahun mendatang adalah Rp40 juta + Rp25 juta = Rp65 juta. Perlu kamu catat, pelunasan ongkos naik haji reguler biasanya sektiar 2 bulan sebelum keberangkatan.


Tips  Menabung


Untuk mendapatkan uang sekitar Rp60 juta dalam kurun waktu empat tahun bisa dibilang mudah, Syaratnya kamu memang berniat untuk menunaikan ibadah haji. Bagaimana caranya? Langsung saja simak tips tabungan haji sebagai berikut:


Estimasi gaji per bulan Rp 7 juta

Biaya konsumsi bulanan sekitar 40% = Rp 2,8 juta

Tabungan mati 10% = Rp 700 ribu

Belanja keinginan 10% = Rp 700 ribu

Bayar cicilan 20% = Rp 1,4 juta

Tabungan untuk naik haji 20% = Rp 1,4 juta

Lakukan hal ini selama 4 tahun.


Dengan melakukan hal ini selama empat tahun berturut-turut maka kamu bakal memilikki tabungan haji senilai Rp84 juta. Tentunya uang segini sudah melebihi estimasi biaya naik haji di lima tahun mendatang. Apabila benar-benar disiplin, maka dengan uang yang dikumpulkan selama lima tahun tersebut, kamu bisa langsung ikut naik haji tanpa harus menunggu hingga bertahun-tahun.(okezone.com/wdi)



Tidak ada komentar: