Rabu, 20 Juli 2016

Pemprov Perbaiki Manajemen Penyelenggaraan Haji Agar Calhaj Asal Jabar Nyaman

Add to Google Reader or Homepage
Pemprov Jabar mengklaim pihaknya terus berupaya melakukan berbagai perbaikan pada tata kelola atau manajemen penyelenggaraan haji tahun ini. Menurut Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan perbaikan tata kelola haji tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kekhusyuan bagi para jemaah haji asal Jabar ketika melaksanakan ibadah di tanah suci. 

Gubernur mengatakan beberapa perbaikan yang sudah dilakukan diantaranya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan melaksanakan sertifikasi pembimbing serta petugas haji, perbaikan manajemen kelompok terbang (kloter), dan peningkatan fasilitas penunjang seperti pemondokan, katering, dan penunjang lainnya. 

"Kita berikan pelatihan dan sertifikasi kepada para ketua kloter, kepala regu dan kepala rombongan agar peran dan fungsi mereka lebih optimal," ujar Gubernur saat ditemui di Gedung Sate, Rabu (20/7). 

Ia mencontohkan, peran dan fungsi seorang kepala rombongan sangat penting karena seorang kepala rombongan bertanggung jawab membawahi 10-20 orang jemaah haji. Selain itu, kepala regu akan bertanggung jawab terhadap setidaknya empat rombongan. Sedangkan ketua kloter tidak hanya bertanggung jawab mengkoordinir regu namun juga para petugas pendamping ibadah haji dan merupakan pejabat negara tertinggi di kloter. 

"Oleh karena itu kompetensi dan kapasitas pribadi para ketua ini harus mumpuni dalam hal manajemen krisis, P3K, SOP (standar operasional prosedur) dan lainnya," ujar pria yang akrab disapa Aher ini. 

Pembenahan lain yang dilakukan demi kenyamanan para jemaah haji asal Jawa Barat, kata Aher, diantaranya dengan menyediakan bus dari daerah masing-masing ke embarkasi Bekasi. 

"Mulai tahun ini, seluruh bus untuk mengangkut calhaj (calon jemaah haji) disediakan oleh Pemprov Jabar. Tidak usah lagi menyewa sendiri. Tahun ini calhaj Jabar berjumlah 29.888 orang ditambah 200 orang petugas," jelas Aher. (Tribun Jabar)

Tidak ada komentar: