Rabu, 25 Mei 2016

Kemenag-Garuda Indonesia Sepakati Pengangkutan Jamaah Haji

Add to Google Reader or Homepage
Kementerian Agama dan maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyepakati pengangkutan jamaah haji dalam negeri untuk delapan embarkasi di berbagai wilayah Indonesia. 

"Proses untuk sampai di sini merupakan proses panjang sesuai regulasi, sesuai prosedur pengadaan barang dan jasa. Ada proses tender dan sampai pada kesepakatan harga dan tanda tangan kontrak," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil di Jakarta, Selasa. 

Di sela-sela Penandatanganan Perjanjian Pengangkutan Jamaah Haji Indonesia antara Kementerian Agama dan Garuda Indonesia, Djamil mengatakan pihaknya telah memberi kesempatan kepada sejumlah maskapai untuk memperoleh tender pengangkutan udara jamaah haji. 

Di antara maskapai itu, kata dia, adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Indonesia Air Asia Ekstra, PT Lion Air dan Saudi Arabian Airlines. Dari empat maskapai tersebut kesemuanya mengambil dokumen tender. Hingga tenggat waktu akhir pengembalian dokumen, hanya Garuda dan Saudia yang mengembalikan berkas tender. 

Untuk Garuda sudah secara resmi mendapatkan tender pengangkutan haji sementara SAA masih dalam tahap finalisasi menunggu peresmian saja. Rencananya, Kemenag dan Saudia akan menandatangani kesepakatan pengangkutan jamaah haji awal Juni. 

"Kami menepis anggapan bahwa tidak memberi kesempatan kepada maskapai lain. Ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengangkutan haji seperti unsur efisiensi, keselamatan dan kepentingan nasional dan ini tidak boleh diabaikan," kata Djamil.

Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo mengatakan pihaknya siap menerbangkan 79.020 ribu jamaah Indonesia yang tergabung dalam 205 kelompok terbang dari delapan embarkasi. 

Embarkasi yang menjadi fokus Garuda sesuai tender, kata dia, di antaranya embarkasi Banda Aceh yang akan memberangkatkan 3.180 jamaah, Medan (6.673), Padang (4.946), Jakarta (17.758), Solo (26.561), Balikpapan (4.248), Makassar (11.972) dan Lombok (3.646).

Di musim haji 2016, Garuda mengoperasikan 11 pesawat yang terdiri dari pesawat Boeing B777-300ER, Boeing B-747 dan Airbus A330-360.(antaranews.com)

Tidak ada komentar: