Kamis, 16 Mei 2013

Kemenkes Imbau Jamaah Umrah Waspada nCoV

Add to Google Reader or Homepage


Merebaknya kasus novel Corona Virus (nCoV) di Arab Saudi harus mendapat perhatian calon jamaah umrah.Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, hingga 10 Mei 2013 sudah ditemukan 33 kasus nCoV.

"Ada di Arab Saudi, Jordan, Qatar,UEA, UK dan Prancis," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima ROL, Senin (13/5).

Tjandra mengatakan, nCov sebagaian besar mnginfeksi laki-laki dengan rentang usia 24-94 tahun. Angka kematian dalam virus itu 54,54 persen lebih tinggi dari virus H7N9. "Sudah 18 orang meninggal," katanya.

Kemenkes dikatakan Tjandra sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama menyangkut kesehatan calon jamaah umrah. Tjandra menyarankan calon jamaah umrah harus menjaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).  "Jika sakit langsung berobat," ungkapnya.

Selain itu calon jamaah umroh juga harus mengikuti informasi yang benar tentang penyakit nCoV. Kemenkes secara rutin berkomunikasi dengan World Health Organization (WHO) terkait perkembangan penyakit yang mirip dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) ini.(Rep)

Tidak ada komentar: