Senin, 15 Agustus 2011

Pelunasan Haji Jambi Dimulai Hari Ini

Add to Google Reader or Homepage


Pelunasan setoran haji bagi jamaah asal Jambi akan dimulai hari ini. Masa pelunasan setoran itu akan berakhir 26 Agustus 2011 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, H Abdul Kadir Husein.

”Tanggal 15 sampai 26 Agustus 2011 jadwal pelunasan. Dan dibayarkan pada bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji BPIH,” katanya.

Ia menambahkan, apabila hingga tanggal batas akhir atau tanggal 26 Agustus 2011 kuota belum terpenuhi, maka pelunasan akan diperpanjang dari tanggal 6 hingga 9 September 2011. ”Dengan nomor urut masing-masing provinsi,” ungkapnya.

Dan apabila pada tanggal 9 September 2011 masih belum terpenuhi, lanjutnya, maka sisa kuota ini akan menjadi kuota nasional. Disamping itu, ia menjelaskan bagi jamaah haji yang yang berhak menunaikan ibadah haji tapi tidak melakukan pelunasan, maka jamaah haji itu akan masuk daftar waiting list (daftar tunggu, red) tahun 2012.

Sedangkan bagi jamaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH, lanjutnya, maka jamaah haji itu wajib melaporkan diri ke kantor Kemenag kabupaten/kota, dengan melampirkan setoran lunas,. Selain itu, disertai kelengkapan adminstrasi.
”Paling lambat tiga hari kerja,” terangnya.

Ia mengugkapkan untuk Tim Pemandu Ibadah Haji (TBHD) pendaftaran dimulai tanggal 15 hingga 26 Agustus 2011 di Direktorat Pelayanan. Bagi nomor porsi terakhir yang berhak melunasi dimasing-masing kabupaten/kota, menurutnya dapat diakses melalui Siskohat Provinsi.

Ia menguraikan berikut adalah besaran biaya setor pelunasan BPIH tahun 2011 untuk Provinsi Jambi dari masing-masing embarkasi. Embarkasi Batam atau wilayah timur adalah U$3460 (disesuaikan dengan dollar pada saat hari penyetoran). Daerah yang termasuk embarkasi Batam adalah Tanjabbar, Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari dan Tanjabtim. Sedangkan yang melalui embarkasi Padang atau wilayah Barat adalah U$ 3369, sedangkan daerah-daerah yang termasuk wilayah barat adalah Merangin, Kerinci, Sarolangun, Bungo dan Tebo. Jadwal pembayaran dapat dilakukan pada pukul 10.00 wib hingga pukul 16.00 WIB.

”Ini berdasarkan keputusan Sekretaris Dirjen PHI Nomor.Dt.VII.II/ tentang Pelunasan BPH Tahun ini,” pungkasnya. (JE)

Tidak ada komentar: